Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan
untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan
cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu
meliputi area tertentu.
Bisnis waralaba atau franchise suatu cara atau sistem pemasaran dengan
memberikan kesempatan kepada orang atau badan usaha dengan
menduplikasikan usahanya secara mandiri terutama pada unit ( badan )
usahanya dan harta usahanya yaitu barang daganganya atau uang hasil
penjualannya dll.
Kelebihan dan Kekurangan
Menurut Joannes Widjajanto
dari Detik Finance, kelebihan dan kekurangan waralaba dibandingkan
dengan sistem konvensional adalah sbb :
Kelebihan :
- Ada sistem yang sudah terbukti berhasil.
- Ada model sukses dari orang-orang yang sudah menjalankan bisnis ini.
- Adanya jaringan yang luas, karena bisnis waralaba yang berhasil pasti banyak diminati oleh masyarakat luas.
- Adanya brand/merk yang sudah dikenal dan teruji di pasaran.
- Adanya dukungan teknis dari franchisor.
Kekurangan :
- Franchisee
tidak bebas untuk mengembangkan inovasi maupun kreativitas bagi
peningkatan bisnis waralaba ini (semuanya sudah teratur rapi dalam
sistem yang baku).
- Ada biaya yang cukup tinggi yang dibayarkan di awal maupun di waktu-waktu berikutnya (biaya royalti).
Bisnis waralaba memang menawarkan peluang keberhasilan yang sangat menjanjikan dengan tingkat resiko yang relatif kecil (data empiris menunjukkan kurang dari 8%). Dengan pemilihan franchisor yang memiliki manajemen, prosedur, etika, filosofi, dll yang unggul dan pengelolaan bisnis yang profesional diharapkan tingkat keberhasilan bisa ditingkatkan.
Contoh usaha Waralaba
Waralaba
makanan adalah
bisnis yang paling menjanjikan dari sekian banyak bisnis franchise di
Indonesia. Hampir 70 % franchise di Indonesia adalah waralaba makanan. Makanan dan minuman (
Food and Beverage ) menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
Berkembangnya waralaba
makanan tak lepas dari kebiasaan orang kita yang suka atau minat akan
makanan tertentu baik itu makanan dari luar maupun masakan tradisional
sebagai contoh bisnis franchise makanan dunia yang sukses
adalah Mc Donald, KFC dan Pizza Hut yang hampir setiap gerainya ramai
dikunjungi. Baru baru ini ada trend baru kalau anak remaja selalu
berkumpul untuk makan dan ngobrol di Seven Eleven dan hampir tiap hari ouletnya
ramai dikunjungi anak anak remaja yang mengunjungi Seven Eleven sebagai
tempat nongkrong atau kumpul kumpul dan banyak juga orang kantoran yang bekerja
dengan laptop disana berjam jam sambil bekerja dan santai disana
Perkembangan usaha waralaba
makanan didalam negeri tak kalah ramai dengan bisnis
makanan dari luar negeri sebagai perumpaman bisnis yang mengusung menu
yang menyajikan masakan dari ayam dan makanan tradisional atau timur
tengah sebagai contoh beberapa bisnis waralaba makanan yang mengusung
menu ayam seperti ayam bakar MasMono atau ayam tulang lunak hayam wuruk
atau masakan tradisional seperti Bumbu desa, mang Kabayan atau Es teler 77
dll dan ada pula yang mengusung menu timur tengah seperti Kebab
Turki Baba Rafi.
Dari
beberapa usaha waralaba makanan dan minuman asli Indonesia
banyak yang telah membuka cabangnya diluar negeri dan beberapa usaha
waralaba tersebut bahkan mengalami sukses yang luar biasa disana hal ini
tak lepas dari bagaimana menjaga citra rasa dan standarisasi pada menu dan cara
penyajiannya dan juga kekuatan membangun merek yang telah dimiliki.
Banyak
dari kita yang pintar memasak bahkan mungkin lebih enak dari masakan yang
disajikan di gerai franchise yang kita kunjungi tetapi apakah kita bisa menjual
seperti mereka lalu mengapa gerainya selalu ramai dan sebagai pertanyaan
apakah kita bisa menjual sebanyak makanan mereka, sebagai contoh mungkin kita
bisa membuat burger dan lezat namun apakah kita bisa menjual lebih banyak dari
burgernya Mc Donald mengapa demikian hal tersebut dikarena mungkin nama
besar merek atau brand experience yang dimiliki Mc Donald membuat orang
lebih memilih makan disana dan biasanya orang lebih cenderung makan di
gerai franchise yang kita kunjungi karena memiliki merek yang kuat dan makan
yang telah terstandarisasi baik dari rasa maupun konsep penyajiannya.
Hal
apa saja yang membuat beberapa usaha waralaba makanan agar
bisa sukses antara lain : bagaimana simplenya atau sederhananya cara membuat
dan penyajiannya , bagaimana menstandarisasikan rasa dan pengolahannya,
bagaimana cara membangun merek usahanya memang hal tersebut tidak
mudah akan tetapi perlu dipelajari secara bertahap dan butuh pengalaman yang
tidak sedikit jika berpedoman pada prinsip “More Simple More Succes ”
maka kita mengambil kesimpulan bahwa bisnis yang cukup simple akan membuat
usaha franchise kita sukses dan menjadi usaha waralaba makanan sukses yang luar
biasa bahkan biasa bisnis makanan yang cara penyajian dan pengolahannya
rumit biasanya agak sulit untuk di franchisekan jika kita saja sulit menyajikan
atau mengolah makanan lalu bagaimana franchisee kita nanti tentunya akan
mengalami kesulitan pula untuk menjalankan bisnisnya(sumber : wikipedia.com ; fajarnoverdi.blogspot.com dll)
Salah satu Warlaba dari banyak jenis Waralaba yang menarik adalah Waralaba Fried Chicken
BalasHapus